Kumpulan informasi terbaru dan paling populer.

Tuesday 16 December 2014

Daftar Negara Terkaya Di Asia Tenggara (ASEAN) Terbaru

Cakrawala KuansingNegara Terkaya Di Asia Tenggara 2015-2016 - Asean atau singkatan dari Asociation South East Asian Nation merupakan sebuah organisasi yang dibentuk untuk menyatukan dan mempercepat pertumbuhan ekonomi regional serta untuk menjaga stabilitas politik antar anggota nya. Kini asean telah menjelma menjadi salah satu wilayah di asia yang paling cepat pertumbuhan ekonominya.



Mungkin banyak dari kita yang mengira indonesia merupakan salah satu negara kaya di asia tenggara, sebenarnya itu salah, sebab indonesia merupakan negara papan tengah di asia tenggara dalam hal ekonomi nya masih jauh dibanding malaysia apalagi singapura yang merupakan tetangga dekat indonesia.

Suatu negara dikatakan kaya bukan dilihat dari nilai tukar mata uang lokal nya dibanding dollar amerika bukan juga negara yang memiliki sumber daya alam melimpah dikatakan kaya namun sebuah negara yang dikatakan kaya adalah seberapa besar pendapatan rata rata penduduk di suatu negara tersebut atau lebih dikenal dengan istilah pendapatan perkapita.

Nah berikut daftar negara terkaya di asia tenggara atau asean terbaru:

1. Singapore
Percapita= $55.182
Human Development Index: Sangat Tinggi

2. Brunei
Percapita: $39.355
Human Development Index: Sangat Tinggi

3. Malaysia
Percapita= $11.062
Human Development Index: Tinggi

4. Thailand
Percapita= $5.675
Human Development Index: Tinggi

5. Vietnam
Percapita= $4.000
Human Development Index: Menengah

6. Indonesia
Percapita= $3.700
Human Development Index: Menengah

7. Philipina
Percapita= $2.913
Human Development Index: Menengah

8. Laos
Percapita= $1.646
Human Development Index: Menengah

9. Myanmar
Percapita= $1.113
Human Development Index: Rendah

10. Kamboja
Percapita= $1.108
Human Development Index: Menengah

11. Timor Leste
Percapita= $1.103
Human Development Index: Menengah


Mencari jumlah pendapatan perkapita suatu negara cukup mudah yaitu jumlah Pendapatan Domestik Bruto/GDP suatu negara dibagi dengan jumlah penduduk suatu negara. Saat ini negara yang paling kaya di asia tenggara dengan pendapatan perkapita tertinggi adalah singapura dengan rata rata penduduk nya memiliki pendapatan $55.182 atau jika dirupiahkan dengan kurs rupiah 12.000 saja maka pendapatan rata rata penduduk singapura berjumlah sekitar 600 juta/ tahun jika dibagi 12 bulan maka penghasilan rakyat singapura sekitar 50 juta rupiah per bulan.

Dan bandingkan dengan pendapatan rakyat indonesia yang hanya 3.700 dollar atau sekitar 44 juta pertahun dibagi 12 bulan maka penghasilan rakyat indonesia rata rata hanya 3.6 juta rupiah. Nah cuma 3 jutaan lah penghasilan rata rata rakyat kita, masihkah kita menyombongkan diri sebagai bangsa yang kaya ? Uang 3 jutaan perbulan untuk suatu keluarga paling hanya cukup buat makan, nyicil motor dan biaya kuliah anak pun gak bisa.

Nah rendahnya pendapatan perkapita negara indonesia bukanlah karena negara kita tidak punya orang kaya, sangat banyak orang kaya indonesia yang masuk daftar orang terkaya asia namun jumlah orang kaya indonesia dibanding jumlah orang miskin di indonesia masih banyak jumlah orang miskin. Sehingga sekaya apapun tidak akan mampu mendongkrak pendapatan perkapita indonesia meskipun indonesia memiliki 10 orang chairul tanjung.

Apa yang dibutuhkan untuk mendongkrak pendapatan perkapita indonesia ? Dan menjadikan indonesia menjadi negara yang kaya ? Yang dibutuhkan adalah pembenahan masyarakat yang masih miskin terutama masyarakat di luar jawa, seperti sumatera, kalimantan, sulawesi, dan papua.

Jumlah penduduk kita sekitar 237 juta, dan pemerintah hanya sibuk untuk pembangunan ekonomi rakyat pulau jawa saja tidak memikirkan pembangunan ekonomi di pulau luar jawa seperti sumatera, kalimantan, sulawesi, dan apalagi papua. Ekonomi suatu daerah akan meningkat jika memiliki infrastruktur yang baik dan coba lihat infrastruktur di sumatera, jalan jalan hancur, bahkan jalan antar provinsi dipenuhi lubang lubang besar tanpa aspal.

Tidak berminat nya pemerintah membangun ekonomi masyarakat yang berada di luar jawa adalah dengan dibatalkan nya mega proyek infrastruktur seperti jembatan selat sunda di sumatera, tidak disetujui nya pembangunan jembatan dumai - malaysia (jembatan selat malaka). Kenapa pemerintah membatalkan sejumlah proyek di luar jawa? Penyebab nya cuma satu jika infrastruktur di sumatera bagus maka sumatera akan menjadi wilayah paling dominan di indonesia karena selain memiliki wilayah strategis dengan berdekatan dengan malaysia, singapura, sumatera memiliki sumber daya yang sangat melimpah, mulai dari hasil perkebunan seperti karet, sawit, hasil bumi batu bara, minyak, gas, dll.

Sebagai contoh di bangun nya jembatan yang menghubungkan malaka (malaysia) dan dumai (riau) akan mendongkrak perekonomian sumatera, tidak hanya perekonomian provinsi riau namun juga provinsi tetangga seperti sumatera utara, sumatera barat, jambi dan seluruh provinsi di sumatera akan merasakan efek nya.

Apalagi ditunjang dengan wacana pembangunan tol sumatera maka akan menjadikan sumatera sebagai basis investor asing sebagai tempat penanaman modal nya selain di jawa. Namun pemerintah hanya sibuk mengurus jawa saja bertahun tahun sudah 7 presiden yang dimiliki indonesia namun pembangunan masih terkonsentrasi di jawa.

Sedangkan hasil alam sumatera hanya 1% yang masuk ke kas APBD, dan 99% masuk APBN untuk pembangunan tol tol di jawa. Jadi jangan heran jika terjadi kecemburuan sosial masyarakat di luar jawa terhadap megah nya pembangunan di jawa.  Dan tidak heran pula, papua, aceh menyuarakan kebebasan mereka dari belenggu pemerintah jawa.

Semoga di masa depan lahir seorang pemimpin bangsa ini yang tanpa pilih kasih dan adil dalam pembangunan dan pemerataan ekonomi bagi seluruh wilayah indonesia dari aceh sampai papua sesuai dengan sila ke lima yaitu KEADILAN SOSIAL BAGI SELURUH RAKYAT INDONESIA.

Demikianlah informasi tentang Daftar Negara Terkaya Di Asia Tenggara (ASEAN) semoga artikel ini bisa menyadarkan kita arti dari pembangunan infrastruktur dalam peningkatan taraf ekonomi bangsa. Bangsa indonesia tidak akan menjadi bangsa maju dan kaya jika pemerintah masih pilih kasih dalam pembangunan infrastruktur dan hanya terkonsentrasi di jawa.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Daftar Negara Terkaya Di Asia Tenggara (ASEAN) Terbaru

4 komentar:

  1. bagus sekali artikelnya, mudah2an ini jadi renungan, saya jg berpikir sebenarnya tidak ada hukum tertulisnya aja setiap presiden pasti orang jawa meskin cm bj habibie yg beda

    ReplyDelete
  2. solusi terbaik nya adalah merdeka, tiap propinsi di indonesia menjadi negara serikat indonesia. Klo seperti saat ini kondisinya sampai kiamatpun tak kan pernah terjadi, Indonesia hanyalah sarang para koruptor...

    ReplyDelete
  3. tu iyo nyo urang jawa labiah banyak pado awak lai. pabie nak menang suare pilpres musti jawe yg jadi presiden apapun wakil die

    ReplyDelete
  4. bsa terjadi lau presidenkita bukan orang jawa

    ReplyDelete

DILARANG BERKOMENTAR DENGAN LIVE LINK...! akan kami anggap SPAM.

Note: only a member of this blog may post a comment.