Kumpulan informasi terbaru dan paling populer.

Wednesday 6 August 2014

Tips Memilih Program Studi Kuliah Yang Tepat

Cakrawala KuansingTips Memilih Program Studi Kuliah Yang Tepat - Kuliah adalah proses dimana seseorang mencari jati dirinya jadi wajar saja jika banyak diantara calon mahasiswa yang bingung bahkan tidak tahu sama sekali apa jurusan atau program studi yang harus diambil.



Kesalahan dalam mengambil program studi saat kuliah dapat berdampak negatif pada mahasiswa itu sendiri salah satu contoh nya adalah mendapat nilai jelek, sering absen kuliah, malas kuliah, lambat tamat bahkan berhenti kuliah.

Contoh diatas merupakan salah satu akibat dari kesalahan dalam pemilihan program studi saat ingin melanjutkan kuliah, banyak diantara calon mahasiswa yang memilih suatu program studi tidak sesuai minat mereka karena beberapa faktor seperti ikut ikutan teman, pengaruh orang tua, dan juga pengaruh keluarga yang sudah sukses dahulu.

Sebagai contoh si budi memiliki seorang kakak yang bekerja di bidang keuangan, nah dalam kasus ini kecendrungan si budi mengambil program studi yang terkait dengan bidang keuangan seperti akuntansi sangat kuat, sebab ia melihat bahwa kakaknya bisa berhasil di bidang tersebut.

Padahal minat dan bakat nya tidak disitu, misalnya bakat budi tidak pada keuangan sehingga kemampuan berfikir dan telelitian nya akan lemah dan ini bisa menjadi momok yang membuat frustasi si budi tadi, jadi pemilihan jurusan sesuai minat dan bakat itu penting.

Berikut Tips Memilih Jurusan Kuliah Yang Tepat:

1. Sesuai Minat

Untuk yang pertama ini semuanya pasti sudah mengerti karena sudah saya jelaskan diatas, jadi pilihlah program studi yang anda sukai dan anda minati.

2. Berakreditasi Tinggi

Program studi yang berakreditasi tinggi atau minimal B merupakan salah satu tips tepat dalam memilih program studi hanya untuk bagi anda yang ragu dari sekian pilihan yang ditawarkan.
Jadi maksudnya jika anda ragu karena sama sama suka dengan program studi diantara pilihan yang ditawarkan atau bimbang dalam memilih maka pilihlah yang memiliki akreditasi tinggi, jangan memilih yang paling banyak diambil teman atau ikut ikutan teman.

Nah saya kira cukup 2 poin diatas untuk memberikan solusi bagi calon mahasiswa yang bimbang dalam menentukan apa jurusan yang sebaiknya di ambil, kesimpulannya hanya ada dua pilih lah sesuai minat dan kedua jika anda memiliki minat yang sama banyak terhadap dua atau 3 pilihan maka pilih lah yang memiliki akreditasi paling baik.

Demikianlah artikel kali ini yang berjudul Tips Memilih Program Studi Kuliah Yang Tepat semoga bisa bermanfaat bagi pembaca semua.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Memilih Program Studi Kuliah Yang Tepat

0 komentar:

Post a Comment

DILARANG BERKOMENTAR DENGAN LIVE LINK...! akan kami anggap SPAM.

Note: only a member of this blog may post a comment.