Kumpulan informasi terbaru dan paling populer.

Friday 13 December 2013

Tips dan Cara Aman Belanja Online di Indonesia

Selamat pagi pembaca semua, dalam kesempatan kali ini saya akan membagikan cara dan tips belanja online khususnya di negara kita tercinta ini indonesia, seperti yang kita ketahui indonesia saat ini adalah pasar potensial bagi perodusen produsen khusus nya yang menawarkan sistem belanja online.



Namun dengan semakin banyaknya produsen yang menawarkan berbagai produk nya tentu akan membuat kita bingung mana toko online yang jujur dan mana toko online yang penipu, nah untuk mengantisipasi hal tersebut saya berniat membuat artikel ini yang saya harapkan berguna bagi anda yang baru mencoba belanja online.



Tips Aman Belanja di Toko Online Indonesia:

1. Cari Lah Toko atau Situs Online yang memiliki Akhiran .co.id

Nah ini penting buat pembeli online pemula, nah tips ini sangat mudah untuk anda terapkan, anda tinggal cari toko online yang berakhiran .co.id karena toko online yang berakhiran .co.id biasanya memiliki badan hukum yang jelas, memiliki alamat yang jelas, dan yang paling penting mereka adalah sebuah perusahaan besar.

Kenapa saya mengatakan semua jelas ? sebab dalam pengajuan domain .co.id biasanya persaratannya harus lengkap, dan harus memiliki alamat yang jelas jadi situs yang memiliki .co.id biasanya situs situs yang terpercaya dan dipercaya konsumennya.

Contoh: ZALORA.co.id dan LAZADA.co.id

2. Hindari Membeli di Situs yang Memiliki Akhiran .com .Blogspot.com .Web.id .Net .Org .tk dll.

Salah satu cara aman yang saya terapkan adalah menghindari belanja online di situs yang berakhiran diatas, sebab dalam pengajuan domain (.com. .net .org .web.id dan lain lain) biasanya sangat mudah dan mereka hanya membayar 100 ribu per tahun, jadi hati hati dengan situs yang menjual barang online dengan akhiran di atas, kalau mau aman cari situs yang berakhiran .co.id

Apalagi Blogspot.com ini adalah situs online yang paling riskan dan paling berbahaya jika melakukan belanja online apalagi belanja produk yang berharga mahal, lebih baik urungkan niat anda jika tidak mau rugi besar.

Bukan kah Toko Bagus dan Berniaga Berakhiran .com ?

Anda benar, salah satu toko online besar lainnya adalah Tokobagus.com dan Berniaga.com tapi yang harus anda ingat di tokobagus dan berniaga bukan pihak mereka yang menjual produknya, tetapi masyarakat yang mengiklankan produknya.

Jadi pihak tokobagus dan berniaga hanya pihak penyedia, bukan pihak penjual, yang menjual adalah masyarakat biasa, (andapun bisa mengiklankan produk anda) jadi jika mau aman belanja online di toko bagus dan berniaga lebih baik transaksi dengan ketemu langsung, JANGAN BERTRANSAKSI dengan membayar dahulu baru barang dikirimkan. Jika anda mau rugi lakukan saja.

Ingat penipuan terbesar online terjadi di toko online toko bagus, berniaga dan situs yang berakhiran blogspot.com jadi jangan mau disuruh membayar dahulu sedangkan penjual tidak anda ketahui, atau jika anda ragu urungkan niat anda belanja.

3. Cari Toko Online yang Berpromosi Berbayar

Kemudian cara melihat situs yang serius berjualan adalah situs yang jelas dan situs yang mengiklankan produknya dengan berbayar, baik di media cetak (koran, majalah, dll) ataupun media online (google adword, facebook, dll)

Atau jika ada toko online yang mengiklankan produknya di televisi itu jauh lebih baik, tapi harus anda ingat tokobagus dan berniaga juga mengiklankan produknya, baca tips saya yang di atas tadi cara aman belanja online di toko bagus dan berniaga.

Nah saya rasa 3 tips diatas sudah cukup untuk anda yang pemula dalam membeli produk produk online, jika anda menerapakan tips saya diatas saya rasa anda tidak akan ditipu dengan mudah, dan jika anda ingin bertanya tentang topik ini, silahkan bertanya di kolom komentar di bawah.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips dan Cara Aman Belanja Online di Indonesia

0 komentar:

Post a Comment

DILARANG BERKOMENTAR DENGAN LIVE LINK...! akan kami anggap SPAM.

Note: only a member of this blog may post a comment.