Kumpulan informasi terbaru dan paling populer.

Saturday 16 November 2013

10 Daftar Tempat Wisata Populer di Kampar Riau

Kampar adalah salah satu kabupaten di riau yang memiliki objek wisata yang memiliki potensi wisata yang besar, jika objek wisata di kampar ini diperhatikan dan diurus bukan tidak mungkin kampar akan menjadi tujuan wisatawan dalam beberapa tahun ke depan.

Nah Bagi anda yang ingin mengunjungi objek objek wisata di kampar sebelumnya anda bisa melihat beberapa tempat wisata di bawah ini, semoga saja daftar tempat wisata kampar di bawah ini bisa setidaknya menambah referensi wisata anda, ketika berkunjung ke kampar.

Berikut Daftar Lengkap Objek Wisata Kampar:

1. Candi Muara Takus



Candi muara takus adalah salah satu tempat wisata populer di kampar riau, candi ini adalah satu satunya candi yang ada di provinsi riau, candi ini akan ramai dikunjungi pada hari hari libur, terutama saat libur panjang sekolah, akan banyak sekolah yang membawa murid murid nya mengunjungi candi muara takus ini.

Candi Muara Takus Terletak di desa Muara Takus, Kecamatan XIII Koto Kampar atau jaraknya kurang lebih 135 kilometer dari Kota Pekanbaru. Jarak antara kompleks candi ini dengan pusat desa Muara Takus sekitar 2,5 kilometer dan tak jauh dari pinggir sungai Kampar Kanan. Kompleks candi ini dikelilingi tembok berukuran 74 x 74 meter, diluar arealnya terdapat pula tembok tanah berukuran 1,5 x 1,5 kilometer yang mengelilingi kompleks ini sampai ke pinggir sungai Kampar Kanan. Di dalam kompleks ini terdapat pula bangunan candi Tua, candi Bungsu dan Mahligai Stupa serta Palangka.


2. Istana Kerajaan Gunung Sahilan




Gunung sahilan adalah sebuah desa di kabupaten kampar, jika anda mengunjungi kota teluk kuantan maka anda pasti akan melewati gunung sahilan, dan ternyata di desa gunung sahilan ini memiliki objek wisata yang memiliki potensi besar yaitu istana kerajaan gunung sahilan. Tertarik Mengunjunginya?

3. Taman Rekreasi Stanum




Objek wisata yang ke 3 di kampar adalah Taman Rekreasi Stanum, Taman Rekereasi Stanum Merupakan sebuah tempat rekreasi yang terletak di ibukota Kabupaten Kampar Bangkinang, yang hanya berjarak 1 Km dari pusat kota. Tempatnya menarik dan strategis, yakni berada diatas perbukitan yang berhawa sejuk dengan pepohonan yang rindang. Kawasan ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas, diantaranya tempat pemandian, Musholla, Gedung Perternuan, Motel, Restoran, Panggung Hiburan, Bioskop dan Kolam Renang “INDOPURA” berskala Internasional, yang pembangunannya merupakan hasil kerjasama pemerintah Indonesia dengan angkatan udara pemerintah Singapore.

4. Air Terjun Merangin


ilustrasi

Objek wisata selanjutnya yang wajib anda coba kunjungi di kampar adalah Air Terjung Merangin, Air Terjun Merangin ini Terletak di desa Merangin Kecamatan Bangkinang Barat, yang merupakan objek wisata yang memiliki keindahan alam berupa air terjun dan kawasan hutan yang masih asli dengan flora yang sangat khas. Jenis objek wisata ini adalah wisata petualangan dengan menelusuri hutan sambil menikmati kesegaran dan ketenangan serta keindahan alam di dalam dan disekitar hutan tersebut. Tertarik Mencobanya?

5. Museum Kandil Kemilau Emas


kendil kemilau emas

Selanjutnya tempat wisata di kampar yang wajib anda coba adalah berkunjung ke Museum Kandil, Museum ini Berlokasi di Pulau Belimbing Kecamatan Bangkinang, Kabupaten Kampar. Museum ini resminya baru pada tanggal 22 Mei 1988 berada di pulau Belimbing Kuok Bangkinang. Museum ini adalah sebuah rumah berbentuk rumah Adat Lima Koto Kampar yang dibangun sekitar tahun 1900 oleh almarhum Haji Hamid. Kini dalam museum ini tersimpan berbagai barang antik koleksi yang memiliki nilai sejarah seperti Barang tembikar, Alat Pertukangan, Alat Pertanian, Alat-alat penangkap ikan, alat-alat kesenian, Alat-alat pelaminan, Alat-alat perdagangan, Alat pesta dan lain-lain.

Disamping alat-alat tersebut tersimpan pula dayung perahu dagang terbuat dari kayu yang sangat kuat berasal dari abad ke 18, serta sebuah kompas yang terbuat dari bambu yang dibuat oleh bangsa China karena angka-angka yang tertulis pada kompas tersebut ditulis dalam aksara China. Ada dua ratus lima puluh (250) macam barang antik koleksi musium Kandil Kemilau Emas yang semuanya merupakan koleksi warisan yang telah turun temurun sebagai barang pusaka.

6. Makam Syekh Burhanuddin


makam syekh burhanduddin kampar

Kemudian objek wisata di kampar adalah Makam Syeikh Burhanuddin yang Berlokasi di Kecamatan Kampar Kiri, Kabupaten Kampar. Almarhum Syekh Burhanuddin adalah salah seorang penyebar Agama Islam, makamnya terletak di Kuntu Lipat Kain Kabupaten Kampar. Tempat ini banyak mendapat kunjungan terutama pada hari besar Islam dan menjelang bulan Ramadhan tiba.

Objek wisata ini bisa anda tempuh kira kira 90 menit dari kota pekanbaru, lokasinya juga berdekatan dengan kota teluk kuantan yang juga berjarak kira kira 90 menit.

7. Hutan Wisata Rimbo Terantang

Kemudian objek wisata kampar yang wajib anda coba adalah Rimbo tarantang, memang tepat yang satu ini belum dikenal namun dengan keindahan alamnya tempat ini wajib anda coba ketika berkunjung ke kabupaten kampar.

Objek wisata ini berada di desa Padang Lawas yang merupakan objek wisata yang memiliki keindahan alam kawasan hutan yang masih asli dengan flora yang sangat khas. Hutan wisata ini juga berfungsi sebagai tempat penelitian. Terutama fenomena alam baik flora maupun fauna. Jenis objek wisata ini adalah wisata petualangan dengan menelusuri hutan sambil menikmati kesegaran dan ketenangan serta keindahan alam di dalam dan disekitar hutan tersebut.

8. Kawasan Bangkinang Siabu


ilustrasi

Memiliki daya tarik alam yang khas dan indah, kondisi floranya cukup terjaga dengan baik khawasan juga dijadikan pusat perternakan lebah madu yang menghasilkan tawon yang berkualitas baik, dan di dalamnya dijadikan tempat pembibitan ikan. Objek wisata ini terletak di desa Siabu Kecamatan Bangkinang Barat.


9. Air Terjun Alahan


alahan

Kemudian objek wisata kampar yang kesmeobilan yang bisa anda kunjungi adalah Air Terjun Alahan, Air Terjun Alahan merupakan objek wisata berupa keadaan Sungai kampar yang memiliki banyak jeram dengan air terjun yang sangat indah untuk dinikmati serta menarik untuk diarungi dengan menggunakan perahu khusus. Lokasi objek wisata tersebut terletak hulu sungai Kampar Kecamatan XIII Koto Kampar. Daya tarik obyek wisata ini adalah keindahan serta kesegaran udara dan yang mengundang wisatawan terutama bagi wisatawan yang memiliki jiwa petualangan dalam mengangumi keberadaan alam.

10. OutBound Kampar




Kemudian objek wisata yang menarik dikunjungi di kampar adalah kawasan Outbound di bukit naang bangkinang kampar riau, objek wisata yang satu ini akan ramai dikunjungi pada hari hari libur, letaknya yang tak terlalu jauh dari kota pekanbaru membuat objek wisata ini sangat mudah anda tempuh. Bagaimana tertarik mengunjunginya ?

Nah itulah dia 10 objek wisata di kabupaten kampar yang bisa anda coba kunjungi, semoga saja artikel ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan kita semua. terima kasih

Untuk melihat video wisata kampar silahkan Klik Disini

Referensi:
travelingriau.blogspot.com
cakrawalakuansing.blogspot.com
SungaiKuantan.com

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 10 Daftar Tempat Wisata Populer di Kampar Riau

0 komentar:

Post a Comment

DILARANG BERKOMENTAR DENGAN LIVE LINK...! akan kami anggap SPAM.

Note: only a member of this blog may post a comment.