Kumpulan informasi terbaru dan paling populer.

Monday 23 March 2015

Resep Makanan Untuk Penderita Liver

Kuansing Healthy Resep Makanan Untuk Penderita Liver - Liver atau hati dalam bahasa indonesia memiliki fungsi yang sangat penting bagi tubuh diantaranya adalah untuk menetralisir racun serta membantu fungsi ginjal untuk mendetoksifikasi senyawa dan zat zat berbahaya dalam tubuh, maka dari itu hati termasuk sebagai alat ekskresi manusia yang sangat penting untuk dijaga.



Bagi yang menderita dan telah didiagnosis menderita penyakit liver maka mengatur menu dan resep makanan merupakan hal yang direkomendasikan dan sangat penting untuk meningkatkan kesehatan liver. Selain memperhatikan resep dan menu makanan hal yang harus dilakukan bagi penderita liver adalah dengan melakukan diet khusus.

Diet khusus serta memperhatikan menu makanan akan sangat membantu kinerja hati agar tidak terlalu berat, tujuannya adalah untuk mempercepat perbaikan fungsi hati maka dari itu sangat disarankan untuk memperhatikan makanan yang dimakan dan melakukan diet khusus.

Adapun resep makanan dan diet khusus untuk penderita liver adalah sebagai berikut:

1. Kurangi Asupan Protein
Asupan protein bagi penderita penyakit liver sebaiknya dikontrol agar tidak melebihi kadar normal sebab bagi penderita dengan penyakit liver maka fungsi liver mereka tidak bisa lagi berfungsi secara normal yang biasanya dapat memproses apapun dengan baik. Namun mengurangi asupan protein bukan berarti penderita harus berhenti mengkonsumsi protein sebab bagaimanapun protein merupakan salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh, namun khusus bagi penderita liver membatasi asupan protein merupakan langkah yang tepat untuk mempercepat perbaikan fungsi hati/liver. Adapun sumber protein yang baik bagi penderita liver antara lain: Telur, tahu, susu, yoghurt dan kacang kacangan. Sedangkan sumber protein yang sebaiknya dibatasi dan dikontrol adalah sumber protein dari daging baik itu daging merah (sapi, kambing, dll) maupun daging putih (ayam).

2. Diet Garam
Bagi penderita liver sangat direkomendasikan untuk segera melakukan diet garam atau membatasi asupan garam sebab menurut studi yang dilakukan membuktikan bahwa garam dapat memicu penimbunan air dalam tubuh yang menyebabkan tubuh membengkak.

3. Perbanyak Konsumsi Sayuran Hijau
Salah satu resep makanan yang baik untuk penderita liver adalah dengan memperbanyak konsumsi sayur sayuran hijau seperti brokoli, kangkung, kubis, lobak, bayam dan lain lain. Mengkonsumsi berbagai jenis sayuran hijau secara teratur dapat meningkatkan kesehatan fungsi hati/liver anda secara bertahap.

4. Waspadai Minuman Berkarbonasi
Minuman berkarbonasi atau minuman yang populer di seluruh dunia ini sangat tidak baik untuk diminum oleh penderita liver hal ini disebabkan karena minuman berkarbonasi memiliki kadar gas, pewarna dan pemanis buatan tinggi yang dapat merusak hati bahkan dapat menyebabkan keracunan bagi penderita liver. Jangankan bagi penderita liver bagi orang awam dengan kondisi liver dan hati sehat juga tidak boleh terlalu sering mengkonsumsi minuman jenis ini karena dapat menyebabkan berbagai penyakit antara lain, ginjal dan bahkan menyebabkan gangguan fungsi hati/liver.

5. Kurangi Bumbu
Makan makanan dengan bumbu dan rasa asin tinggi sangat tidak baik khususnya bagi penderita liver, apalagi saat ini sangat banyak jenis bumbu masakan dengan berbagai merk yang rata rata sering digunakan oleh keluarga dan ibu rumah tangga, maka dari itu sebaiknya konsumsi makanan dengan alternatif lain seperti makan makanan yang direbus atau sesekali boleh menggunakan bumbu namun jangan terlalu banyak dan terlalu sering.

Melakukan diet sehat serta mengatur menu makanan yang akan dikonsumsi merupakan langkah tepat untuk memperbaiki dan menjaga kesehatan liver, semoga dengan membaca artikel tentang Resep Makanan Untuk Penderita Liver dapat memberikan manfaat bagi kita semua. terima kasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep Makanan Untuk Penderita Liver

0 komentar:

Post a Comment

DILARANG BERKOMENTAR DENGAN LIVE LINK...! akan kami anggap SPAM.

Note: only a member of this blog may post a comment.