Kumpulan informasi terbaru dan paling populer.

Saturday, 14 March 2015

Penyebab Karies Gigi Pada Balita

Merawat GigiPenyebab Karies Gigi Pada Balita - Karies gigi merupakan penyakit pada gigi yang dapat merusak struktur gigi sehingga menyebabkan gigi berlubang, karies gigi telah dikenal sejak dahulu sebagai penyakit yang bisa terjadi dimana saja dan pada siapa saja. Karies gigi menyebabkan gigi ngilu, nyeri, sakit gigi dan berujung pada penanggalan gigi. Apakah balita beresiko terkena karies gigi atau gigi berlubang ? Bukankah penyakit gigi berlubang atau karies gigi umumnya hanya untuk orang dewasa saja ? Salah, karies gigi atau gigi berlubang bisa terjadi pada siapa saja termasuk pada balita anda maka dari itu sangat dianjurkan untuk mengajarkan anak sejak dini untuk rajin menyikat gigi secara teratur.



Berikut Beberapa Penyebab Karies Gigi Pada Balita:

1. Kurang Asupan ASI
Bayi yang kurang asupan ASI memiliki struktur gigi yang mudah rusak dan lapuk bahkan masalah ini akan dibawa nya hingga ia dewasa nantinya. Maka dari itu bagi anda ibu yang memiliki bayi wajib bagi anda untuk memberikan ASI kepada anak minimal sampai anak berumur 6 bulan. Namun sebaiknya berilah anak anda asi minimal sampai berumur 9 atau 10 bulan namun lebih baik lagi tetap memberikan ASI sampai ia berumur 1 tahun, agar bayi anda benar benar mendapat ASI ekslusif secara cukup untuk bekal ia tumbuh besar.

2. Awasi Dot Bayi
Dot tabung susu bayi memang bisa menjadi kebiasaan mengasikkan bagi bayi bahkan jika sudah terbiasa anak akan nangis ketika diambil dot nya, nah disini penting bagi anda untuk mengawasi anak saat minum susu menggunakan dot susu nya, ketika susu sudah habis sebaiknya segara ambil tabung susu nya jangan biarkan anak terlalu lama menggigit dot susu bayi apalagi sampai di bawa tidur. Kebiasaan ini merupakan salah satu penyebab karies gigi dini pada anak.

Baca Juga: Cara Mencegah Gigi Berlubang Pada Balita

3. Jangan Terlalu Lama Minum susu dengan dot
Ketika anak anda sudah berumur 1 tahun lebih maka segara ganti tempat minum nya dengan menggunakan cup, terlalu lama menggunakan dot susu atau bahkan sampai berumur 2 atau 3 tahun dapat merusak dan menyebabkan masalah pada gigi anak di kemudian hari.

4. Pola Makan Bayi
Salah satu penyebab karies gigi pada balita adalah mengkonsumsi makanan manisan yang berlebihan sehingga merusak gigi dengan cepat. Perhatikan makanan yang di makan oleh anak anda, dan kontrol makanan yang manis manis seperti permen, coklat, es, agar jangan berlebihan. Berikan secukupnya dan jangan menjadi kebiasaan anak mengkonsumsi makanan yang dapat merusak gigi tersebut.

5. Jarang menggosok gigi
Salah satu penyebab yang menyebabkan karies gigi adalah kebiasaan menggosok gigi yang jarang dilakukan sejak dini, sehingga gigi anak mudah berlubang dan sakit. Maka dari itu sejak anak berumur 1 tahun sebaiknya mulailah ajarkan anak menggosok gigi. Untuk pertama kali ajarkan anak menggososk gigi tanpa menggunakan pasta gigi, namun jika anda sudah pandai meludah dan terbiasa menggosok gigi barulah berikan pasta gigi khusus bayi dengan ukuran tidak lebih dari biji jagung.

Nah demikianlah informasi dan tips tentang Penyebab Karies Gigi Pada Balita semoga tips ini dapat bermanfaat bagi bunda yang memiliki bayi, agar saat tumbuh dewasa anak memiliki gigi yang kuat dan sehat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Penyebab Karies Gigi Pada Balita

0 komentar:

Post a Comment

DILARANG BERKOMENTAR DENGAN LIVE LINK...! akan kami anggap SPAM.

Note: only a member of this blog may post a comment.