Kumpulan informasi terbaru dan paling populer.

Saturday 28 March 2015

Mengenal Penyebab dan Gejala Penyakit Meningitis

Kuansing HealthyMengenal Penyebab dan Gejala Penyakit Meningitis - Penyakit Meningitis atau radang selaput otak merupakan penyakit yang diderita olga syahputra selama kurang lebih satu tahun menjalani pengobatan di singapura sebelum akhirnya merenggut nyawa sang komedian, aktor dan presenter top tanah air pada tanggal 27 maret 2015 pukul 17:00 wib di singapura.



Apakah Penyebab Penyakit Meningitis ?

Menurut beberapa survei yang dilakukan oleh para ahli mengatakan bahwa penyakit meningitis bisa disebabkan oleh berbagai macam micro organisme seperti serangan virus,bakteri dan juga jamur yang menyerang otak sehingga memicu peradangan atau melingitis. Umumnya penyakit meningitis menyerang pada orang orang yang sedang memiliki daya tahan tubuh lemah maka dari itu kebanyakan penderita meningitis merupakan bayi dan anak anak. Selain balita dan anak anak tidak menutup kemungkinan orang dewasa juga beresiko terserang penyakit yang mematikan ini.

Apakah Penyakit Meningitis Menular ?

Ya virus meningitis merupakan penyakit yang dapat menular dengan mudah, bakteri dan virus meningitis dapat menular baik dari udara maupun dari gelas yang digunakan bersama, bakteri dan virus meningitis bisa masuk melalui selaput lendir sehingga dapat menyebabkan penyakit radang otak atau meningitis.

Apakah Gejala Penyakit Meningitis ?

Sebagian besar penderita yang terinfeksi virus dan bakteri meningitis akan menunjukkan gejala gejala seperti mual, muntah, merasakan kaku di bagian leher dan sering mengalami perubahan kesadaran. Sedangkan untuk anak anak biasanya menunjukkan gejala seperti adanya ruam merah pada kulit, mudah marah dan sering kantuk.

Bagaimana Tindakan Medis Untuk Mencegah Penyakit Meningitis ?

Mencegah penyakit meningitis bisa dilakukan dengan berbagai macam seperti mengkonsumsi makan makanan sehat serta vitamin agar memiliki daya tahan tubuh yang kuat dari serangan penyakit. Selain itu juga terdapat 2 macam tindakan medis cara untuk mencegah penyakit meningitis antara lain.

1. Vaksinasi
Salah satu cara yang dilakukan untuk mencegah virus meningitis adalah dengan melakukan vaksinasi, apalagi bagi orang orang yang ingin pergi ke luar negeri seperti jamaah haji dan umroh wajib melakukan vaksinasi sebelum berangkat agar dapat meminimalisir serangan virus meningitis saat menunaikan ibadah.

Bagi anak anak dan balita sebaiknya orang tua tidak mengabaikan dan selalu membawa anak untuk melakukan imunisasi agar dapat meningkatkan kekebalan tubuh anak sehingga dapat mengurangi resiko terserang penyakit meningitis. Bagi orang tua yang masih anti melakukan vaksinasi kepada anak nya maka sebaiknya mulai berfikir lagi sebab tanpa pemberian vaksinasi maka anak rentan dan mudah terserang penyakit berbahaya seperti penyakit meningitis.

2. Antibiotik
Pemberian antibiotik merupakan salah satu langkah pencegahan jangka pendek yang dapat dilakukan untuk menghindari penyakit meningitis khusus nya meningitis meningokokus. Dengan pemberian antibiotik dapat menurunkan resiko dari menderita penyakit meningitis namun tidak menutup kemungkinan dikemudian hari terinfeksi meningitis.

Cara Mencegah Meningitis Secara Alami

Untuk mencegah meningitis juga bisa dilakukan dengan cara alami alias tanpa tindakan medis seperti pemberian vaksinasi atau antibiotik.

1. Selalu Berolahraga
Olahraga dapat meningkatkan kebugaran tubuh sehingga dapat mengurangi resiko tubuh dalam keadaan lemah dan rentan terhadap penyakit. Saat tubuh dalam keadaan lemah dan rentan inilah potensi virus meningitis menginfeksi menjadi besar. Maka dari itu selalu lakukan olahraga minimal satu kali seminggu meskipun dengan rutinitas sesibuk apapun.

2. Mengkonsumsi Buah Dan Sayur
Buah dan sayur merupakan sumber vitamin dan antioksidan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh dari serangan virus dan bakteri meningitis. Oleh sebab itu selalu konsumsi buah dan sayur setiap hari untuk mencukupi kebutuhan vitamin tubuh anda, sebab ketika tubuh kurang asupan vitamin maka daya tahan tubuh menjadi lemah dan akan menjadi celah untuk masuknya virus dan bakteri yang menimbulkan penyakit meningitis di kemudian hari.

3. Pola Hidup Sehat
Pola hidup sehat meliputi selalu tidur dengan teratur, mencukupi kebutuhan istirahat dengan cukup, jangan sering begadang dengan hal yang tidak penting, mengkonsumsi makan makanan sehat, mengurangi konsumsi makanan yang kaya kolesterol dan lemak, menghindari merokok dan minum minuman keras. Dan yang terakhir kambali pada point satu dan dua yaitu olahraga dan jangan lupa asupan buah dan sayur.

Nah demikianlah informasi yang dapat kami berikan tentang Mengenal Penyebab dan Gejala Penyakit Meningitis semoga tulisan ini dapat meningkatkan kewaspadaan kita tentang bahaya dari penyakit meningitis. Semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Mengenal Penyebab dan Gejala Penyakit Meningitis

0 komentar:

Post a Comment

DILARANG BERKOMENTAR DENGAN LIVE LINK...! akan kami anggap SPAM.

Note: only a member of this blog may post a comment.