Kumpulan informasi terbaru dan paling populer.

Wednesday 25 March 2015

Inilah Penyebab Pendidikan Indonesia Tertinggal Dari Negara Lain

Cakrawala Kuansing Inilah Penyebab Pendidikan Indonesia Tertinggal Dari Negara Lain - Pendidikan memiliki peranan penting atas kemajuan suatu bangsa dan negara, suatu bangsa dan negara tidak akan pernah maju jika masih memiliki sumber daya manusia yang kurang baik, maka dari itu pendidikan merupakan dasar pertama untuk kemajuan suatu bangsa. Jika kita bertanya tanya kenapa indonesia sampai sekarang masih tak maju maju dan selalu menjadi negara berkembang, padahal sudah merdeka sejak tahun 1945 silam.



Salah satu penyebabnya adalah sistem pendidikan yang buruk, dengan sistem pendidikan yang buruk melahirkan generasi muda yang buruk, dengan generasi muda yang buruk melahirkan sumber daya manusia yang buruk pula (tidak bisa bersaing). Maka dari itu jangan heran jika kita selalu kalah jika dibanding negara lain.

Kita bandingkan indonesia dengan jepang, tahun 1945 indonesia sudah merdeka dan jepang tahun 1945 masih porak poranda setelah dihancurkan tentara sekutu, kemudian kita lihat perbedaanya sekarang bagaimana ? Sangat jauh, jadi apa yang dilakukan bangsa kita selama ini, apakah kita tertidur selama ini ?

Oke kita tidak perlu membandingkan dengan jepang, kita bandingkan saja dengan negara tetangga kita malaysia yang mana pada tahun 70-80an indonesia masih unggul jauh dari malaysia jika dibanding sektor pendidikan nya, hal ini terbukti dengan banyaknya mahasiswa malaysia yang menuntut ilmu ke indonesia, sekarang ??? Lihatlah pendidikan malaysia, lihatlah perekonomian malaysia, sudah  meninggalkan kita dengan sangat sangat jauh.

Bahkan jika indonesia seperti ini terus maka bisa saja dalam 30 tahun kedepan, indonesia akan kalah oleh mantan provinsi Timor leste. Ya bukan tidak mungkin timor leste yang kini hanyalah negara miskin yang mencoba bangkit menjadi lebih unggul dari indonesia di masa depan.

Indonesia boleh saja saat ini unggul dari timor leste, namun di masa depan apakah kita masih unggul ? jawabanya belum tentu, kita coba flashback ke belakang, tahun 1945 indonesia bersuka ria, sudah bahagia meraih kemerdekaan, sudah menyususn sistem kenegaraan nya dan kita bandingkan dengan jepang pada tahun yang sama, bagaimana ? Tahun 1945 jepang jauh lebih miskin dari indonesia, jepang harus menanggung seluruh kerugian perang, jepang harus menata kembali negaranya yang porak poranda akibat tentara sekutu, namun kini mereka menjadi negara terbaik di asia, sedangkan indonesia.??? anda jawab sendiri.

Apa yang salah dengan pendidikan indonesia ? 

Indonesia memiliki sistem pendidikan terburuk di dunia, tak akan pernah ada negara yang akan meniru sistem pendidikan seperti indonesia, kenapa buruk ? Berikut fakta pendidikan di indonesia sampai saat ini.

1. Indonesia menerapkan sistem ujian UAS, UN, dimana sistem ini mengarahkan siswa belajar hanya untuk lulus, jadi selama 3 tahun sekolah baik di SMP atau SMA pelajar indonesia hanya belajar untuk memenuhi target lulus, bukan belajar untuk mengembangkan potensi diri seperti negara lain. Sehingga jangan heran jika banyak lulusan SMA bahkan perguruan tinggi di indonesia tidak bisa apa apa alias tidak memiliki skill.

2. Di sekolah dasar bahkan sejak TK murid murid kecil di indonesia sudah dibebani dengan tugas dan PR, sedangkan di negara dengan pendidikan terbaik seperti finlandia contoh nya mereka tidak pernah memberikan tugas atau pr selama 6 tahun pendidikan pertama siswa, artinya selama sekolah dasar tak ada tugas dan pr untuk siswa SD di finlandia. "The children are not measured at all for the first six years of their education" artinya anak anak tidak diukur selama 6 tahun pendidikan pertama mereka. Sedangkan indonesia ? Anak anak ditakuti oleh guru dan pihak kepala sekolah untuk selalu mengerjakan tugas, untuk belajar karena ada ujian nasional, dan bahkan sering diancam tidak lulus, ini lah fakta wajah pendidikan kita.

3. Di finlandia tak mengenal sistem strata sekolah yang membeda bedakan sekolah satu dengan yang lainnya, di indonesia sangat banyak, mulai dari SMA PLUS, SMA PINTAR, SMA RSBI, SMA RSI, dll. Untung beberapa waktu lalu sekolah RSBI/RSI telah dicabut oleh kementrian pendidikan. Sistem seperti ini menciptakan kasta baru pada dunia pendidikan indonesia, adakah manfaatnya dengan diterapkan sistem sekolah sekolah seperti ini ? TIDAKKK...

4. Guru dan tenaga pengajar negara negara maju tidak pernah menyalahkan dan marah pada setiap pekerjaan atau tugas masing masing siswa nya JIKA MEREKA SALAH, karena hal itu dapat membuat siswa malu dan tidak percaya diri di kemudian hari, mereka hanya diminta untuk belajar sendiri dan membandingkan dengan hasil yang telah lalu, apakah ada peningkatan atau penurunan. Berbeda dengan indonesia entah itu di SMP atau SMA, guru tidak pernah IBA membentak dan mencaci maki murid nya dengan kata kata kotor seperti (dasar kamu bodoh, ini aja kamu tidak bisa, lihat thu teman kamu). Padahal dengan caci maki kepada murid bukan membuat murid bisa rajin malah membuat siswa malu, tak memiliki kepercayaan diri, dan tak bisa berkreativitas sendiri karena selalu ditekan dan dipermalukan selama ia belajar.

Maka dari itu jangan heran jika tak ada murid yang mau bertanya pada gurunya ketika diberi kesempatan saat disuruh bertanya. Lihatlah wajah pendidikan kita ini setiap guru selesai memberi pelajaran dan ditanya apakah ada yang bertanya, maka pasti murid akan diam dan kalau ada itupun hanya satu satu saja. Kenapa hal itu terjadi ? Ini disebabkan sistem mengajar guru yang salah tadi, sebab yang salah sering dimarah dan dtertawakan oleh guru dan teman teman yang lain sehingga membuat siswa tak memiliki percaya diri untuk bertanya atau tampil kedepan. (POTRET NYATA DUNIA PENDIDIKAN KITA).

5. Di negara finlandia dengan sistem pendidikan terbaik dunia tidak pernah menerapkan sistem ranking siswa. Kenapa tak ada ranking di finlandia? Alasan ini mereka katakan karena sistem ranking hanya membuat guru fokus hanya kepada siswa siswa yang pintar, sedangkan siswa yang kurang pintar sering diabaikan. Hal ini terbukti bukan di indonesia ? Kita lihat guru guru dalam mengajar mereka hanya akan fokus pada siswa siswa juara di kelas, dan bahkan parahnya guru guru sering membeda bedakan murid yang pintar dan yang bodoh, hal ini terbukti dengan sitem adanya kelas unggulan dan tidak unggulan. (Memang sangat menyedihkan sistem pendidikan di negeri kita)

Semoga sistem pendidikan kita yang tertinggal ini bisa dibenahi oleh seluruh elemen elemen yang bertanggung jawab seperti pemerintah, guru, dan kementrian terkait agar berkonsilidasi menciptakan sebuah sistem pendidikan yang baru, tujuannya agar bangsa ini memiliki sumber daya manusia yang handal dan bisa bersaing. Jangan pernah berharap indonesia maju selama sistem belajar di negara kita masih seperti ini. Demikianlah tulisan tentang Inilah Penyebab Pendidikan Indonesia Tertinggal Dari Negara Lain semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. terima kasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Inilah Penyebab Pendidikan Indonesia Tertinggal Dari Negara Lain

0 komentar:

Post a Comment

DILARANG BERKOMENTAR DENGAN LIVE LINK...! akan kami anggap SPAM.

Note: only a member of this blog may post a comment.