Kumpulan informasi terbaru dan paling populer.

Saturday, 14 March 2015

Cara Mencegah Gigi Berlubang Pada Balita

Merawat GigiCara Mencegah Gigi Berlubang Pada Balita - Mencegah gigi berlubang pada balita merupakan langkah efektif sejak dini untuk mencegah kerusakan gigi pada balita saat tumbuh besar nantinya. Selain itu ada beberapa cara dan tips yang dapat digunakan untuk mencegah terjadinya gigi berlubang pada balita anda jadi anda tidak perlu takut lagi balita anda memiliki gigi berlubang.



Berikut Cara dan Tips Mencegah Gigi Berlubang Pada Balita:

1. Asupan ASI
Untuk mencegah gigi berlubang sejak dini maka sebaiknya ibu harus memperhatikan asupan ASI untuk bayi nya agar bayi tumbuh memiliki gigi yang kuat, maka dari itu sangat dianjurkan ibu memberikan ASI kepada bayi nya minimal sampai berumur 6 bulan, jangan sampai kurang.

2. Awasi Penggunaan Dot Bayi
Saat anda memberikan susu dalam dot maka sebaiknya diawasi jangan sampai ketika susu habis bayi masih menggigit gigit dot dan ketika mau tidur sebaiknya juga diawasi sebab jangan dibiarkan bayi anda tidur dengan menggigit dot susu milik nya. Kebiasaan menggigit dot pada tabung susu bayi dapat menyebabkan gigi bayi cepat rusak dan menyebabkan masalah gigi di kemudian hari.

Baca Juga: Penyebab Sakit Gigi Pada Anak

3. Menggosok gigi sejak dini
Penting bagi ibu untuk mengajarkan budaya sehat kepada anak sejak dini maka dari itu saat bayi berumur 6 bulan maka mulai lah lakukan latihan menggosok gigi tanpa menggunakan pasta gigi dan gunakan sikat gigi khusus dan berbulu halus. Setelah bayi anda sudah bisa meludah barulah berikan pasta gigi khusus anak dengan ukuran kira kira sebesar biji jagung, dan terus awasi serta mengingatkan agar anak menggosok gigi hingga sampai ia berumur 7 tahun. Jika diajarkan menggosok gigi sejak kecil maka saat ia tumbuh besar maka menggosok gigi akan menjadi budayadan kebiasaan yang tak kan ia tinggalkan, percayalah.

4. Jangan Terlalu lama gunakan dot
Ketika anak anda sudah berumur 1 tahun lebih maka sebaiknya jangan gunakan dot lagi, segera ganti dengan tempat minum menggunakan cup.

5. Pergi Ke Dokter
Jika anak anda sudah berumur 1 tahun lebih maka sebaiknya mulai lah membawa anak ke dokter untuk konsultasi jika menemui masalah gigi berlubang, dan masalah lainnya. Sedangkan untuk anak yang sudah berumur 7  tahun ke atas masih tetap harus diperhatikan sampai ia memiliki gigi terakhir atau gigi dewasa nya kelak, sebab banyak orang tua keliru ketika melihat anak nya sudah tumbuh besar maka tidak perlu lagi memperhatikan masalah pada gigi anak, padahal saat gigi anak bertransformasi dari gigi susu menjadi gigi terakhir atau gigi dewasa nya maka sangat butuh perhatian orang tua. Sebagai contoh jika gigi susu mulai goyang (ugah mau tanggal) sebaiknya segera dicabut, jika anak takut mencabut sendiri maka bawalah ke dokter. Kebiasaan lambat mencabut gigi susu menyebabkan gigi anak tidak rata saat dewasa nanti.

Nah demikianlah informasi tentang Cara Mencegah Gigi Berlubang Pada Balita semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi bunda yang memiliki bayi semuanya, dan akhir kata tetap rawat gigi anak agar saat dewasa kelak anak terhindar dari berbagai masalah pada giginya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Mencegah Gigi Berlubang Pada Balita

0 komentar:

Post a Comment

DILARANG BERKOMENTAR DENGAN LIVE LINK...! akan kami anggap SPAM.

Note: only a member of this blog may post a comment.