Kumpulan informasi terbaru dan paling populer.

Monday, 23 March 2015

Berapa Biaya Transplantasi Sumsum Tulang Belakang?

Kuansing HealthyBerapa Biaya Transplantasi Sumsum Tulang Belakang? - Kesehatan merupakan harga yang sangat mahal maka dari itu bagi yang sehat sangat penting untuk menjaga organ tubuhnya sebaik mungkin sebab jika sudah rusak maka rumah sakit akan menjadi tujuan. Di negara kita ini sangat sulit mendapatkan biaya pengobatan murah sehingga sering timbul kata kata sindiran yaitu "Orang Susah Tidak Boleh Sakit"



Beberapa waktu lalu tepatnya bulan oktober 2014 saya menjenguk salah satu kerabat yang menderita penyakit leukimia atau kanker darah yang pada waktu itu sudah 2 bulan di rumah sakit namun tidak kunjung sembuh sebab dirumah sakit ia hanya dirawat dan hanya diberi pengobatan biasa.

Menurut pengakuan keluarga yang pada saat itu menceritakan kepada kami yang berkunjung mengatakan dibutuhkan biaya setidaknya 1 milyard rupiah agar sembuh untuk melakukan operasi pencangkokan sumsum tulang belakang, tentu saja biaya sebesar itu tidak bisa disanggupi keluarga pasien mengingat pekerjaan orang tuanya hanya lah seorang petani karet. Dan saya pikir mana ada yang bisa bayar pengobatan sampai 1 milyard kecuali pejabat pejabat kita yang terhormat pikir saya.

Awalnya saya tidak percaya dengan biaya operasi yang menyentuh angka satu milyard rupiah, tak mungkin 1 milyard kata saya dalam hati, uang 1 milyard saja jika dibuat kan rumah sakit mungkin sudah bisa membuat RS sekelas RSUD kabupaten pikir saya.

Akhirnya saya cek di beberapa situs luar negeri dan ternyata harganya bervariasi mulai dari $50.000 - $100.000 USD. Dan setelah cek secara langsung barulah saya percaya ternyata biaya cangkok sumsum tulang belakang itu mahal dan sangat sangat mahal.

Sebenarnya juga ada opsi untuk menyembuhkan leukimia teman saya ini yaitu dengan kemoterapi dulu, dan biaya nya tidak sebesar operasi namun teman saya penderita leukimia ini menolak untuk di kemo dan minta segera pulang kerumah karena terlalu lama dirumah sakit banyak habis biaya katanya kepada ibunya. Dan tak lama sejak pulang kerumah, sahabat sejak SMP saya tersebut akhirnya meninggal dan mengakhiri segala derita dan penyakitnya di dunia.

Namun ada yang membuat saya penasaran dan sedih yaitu apakah tidak ada peran pemerintah untuk mensubsidi atau mengurangi biaya yang begitu besar itu ? Bayangkan jika pemerintah mau mensubsidi biaya pengobatan yang mahal tersebut, mungkin banyak putra putri indonesia ini bisa selamat dari penyakit yang mematikan.

Lalu timbul pertanyaan di benak kita sampai kapan pemerintah berdiam diri melihat ratusan bahkan ribuan masyarakat nya meninggal akibat ketidakmampuan membiayai biaya pengobatan. Sampai kapan pemerintah hanya diam ? bukankah kewajiban negara melindungi segenap masyarakat nya ?

Ada banyak penyakit dengan kategori mahal yang membutuhkan bantuan pemerintah tidak hanya leukimia, namun penyakit seperti ginjal, jantung, liver dan lainnya juga membutuhkan bantuan keringanan. Seharusnya pemerintah ikut mensubsidi biaya pengobatan penyakit mahal tersebut sehingga lebih terjangkau bagi masyarakat miskin yang tinggal di daerah daerah.

Apalagi rata rata saat ini yang meninggal akibat penyakit mahal tersebut merupakan kalangan dari usia produktif dan anak anak yang merupakan masa depan bangsa dan negara, tentu sangat disayangkan melihat anak anak, remaja dan orang yang masih dalam usia produktif meninggal karena pasrah tak punya uang untuk berobat. Semoga saja dimasa depan di negara kita ini semua biaya pengobatan dapat terjangkau dan diberi keringanan oleh pemerintah.

Demikianlah informasi tentang Berapa Biaya Transplantasi Sumsum Tulang Belakang? semoga artikel ini bisa menyadarkan kita betapa pentingnya dan betapa mahalnya nilai dari kesehatan tersebut, maka dari itu jangan sia sia kan tubuh yang masih sehat dengan cara menghargai apa yang sudah dimiliki serta menjauhi segala macam yang dapat menimbulkan penyakit dikemudian hari.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Berapa Biaya Transplantasi Sumsum Tulang Belakang?

0 komentar:

Post a Comment

DILARANG BERKOMENTAR DENGAN LIVE LINK...! akan kami anggap SPAM.

Note: only a member of this blog may post a comment.