Kumpulan informasi terbaru dan paling populer.

Wednesday 25 February 2015

Cara Ampuh Mengatasi Morning Sickness

Kuansing Healthy - Jurus Jitu Menghadapi Morning Sickness Memasuki - masa-masa awal kehamilan, sebagian kaum wanita harus menghadapi morning sickness. Morning sickness ini tak lain adalah keadaan mual-mual dan muntah yang terjadi pada ibu hamil. Biasanya gejala ini sangat terasa menyiksa di pagi hari dan terus berlanjut sepanjang hari namun dengan gejala yang lebih ringan. Karena itulah keadaan ini disebut morning sickness.



Menghadapi Morning Sickness Dengan Mengenali Penyebabnya
Memang tak semua wanita mengalami morning sickness. Sebagian wanita tidak merasakannya dan beberapa wanita lainnya hanya merasakan morning sickness yang ringan saja.  Nah, apa sebenarnya penyebab morning sickness ini?

Perubahan hormon menjadi salah satu penyebab terjadinya morning sickness. Pada seorang wanita yang mengandung terjadi peningkatan hormon, misalnya saja hormon estrogen dan HCG (Human Chorionic Gonadotropin). Kedua hormon ini berperan besar dalam menghasilkan plasenta di dalam tubuh wanita yang sedang mengandung. Pada wanita yang mengandung anak kembar, maka kadar HCG pun semakin tinggi sehingga cenderung merasakan morning sickness yang semakin berat pula. Sedangkan peningkatan hormon progesteron pada ibu hamil menyebabkan fungsi metabolisme menjadi lebih lambat dari kondisi normal.

Selain itu, kondisi emosional juga menjadi salah satu pemicu morning sickness. Pasalnya, tak semua wanita menghadapi masa-masa kehamilannya dengan kegembiraan. Tak sedikit kaum wanita yang merasakan stress pada saat mengandung. Dan faktanya, stress yang dirasakan ibu hamil juga memicu terjadinya morning sickness yang berat. Penyebab lainnya adalah kadar gula dalam darah yang turun sebagai akibat nafsu makan yang kurang sehingga memicu keadaan morning sickness. Lambung yang kosong dan indera penciuman yang semakin tajam akan menyebabkan timbulnya rasa mual lalu muntah-muntah.

Jurus Jitu Menghadapi Morning Sickness

Lantas bagaimana menghadapi kondisi morning sickness ini? Kaum wanita yang sedang mengandung biasanya harus merasakan keadaan morning sickness ini selama trisemester pertama. Nah, untuk menghadapi keadaan ini sebaiknya sewaktu bangun dari tidur di pagi hari jangan bergegas bangkit. Melainkan segera konsumsi biskuit yang telah disiapkan sambil berbaring. Setelah kurang lebih 20 menit barulah bangkit dan mulai beraktivitas. Hal ini akan mencegah morning sickness yang berlebihan di pagi hari.

Untuk menghadapi morning sickness ini, paksakan diri untuk makan lebih sering walaupun dalam porsi yang sedikit. Tindakan ini perlu dilakukan agar perut tidak berada dalam keadaan kosong yang bisa memicu munculnya rasa mual. Perhatikan pula mengenai pemilihan pakaian. Pilihlah pakaian yang longgar agar perut tidak semakin tertekan. Jauhi makanan-makanan yang memiliki aroma kuat. Sebaliknya pilihlah makanan yang memiliki aroma lembut atau nyaris tanpa aroma agar tidak memicu rasa mual. Misalnya saja bubur atau sereal.

Hindari mengkonsumsi makanan dengan kadar lemak yang tinggi. Sebab bahan makanan seperti ini membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna. Siapkanlah buah-buahan segar yang kaya nutrisi sebagai kudapan agar perut tak berada dalam keadaan kosong yang bisa memicu rasa mual. Nah, itulah beberapa jurus jitu untuk menghadapi morning sickness. Keadaan ini secara perlahan akan menghilang seiring usia kandungan yang semakin bertambah.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Ampuh Mengatasi Morning Sickness

0 komentar:

Post a Comment

DILARANG BERKOMENTAR DENGAN LIVE LINK...! akan kami anggap SPAM.

Note: only a member of this blog may post a comment.