Kumpulan informasi terbaru dan paling populer.

Sunday 21 December 2014

Daftar Juara Piala AFF Sepanjang Masa

Cakrawala KuansingDaftar Juara Piala AFF Sepanjang Masa - Sejak ajang perhelatan sepakbola antar bangsa di asia tenggara digulirkan pada tahun 1996 hanya 4 tim saja yang berhasil menjuarai ajang sepakbola 2 tahunan ini, mau tahu siapa saja ?



Piala AFF sejatinya dimulai sejak tahun 1996 silam dengan nama piala tiger, pada kejuaraan tersebut dinamakan piala tiger karena perusahaan bir asal singapura tiger yang menjadi sponsor utama piala aff. Pada perhelatan pertama kali tahun 1996 thailand berhasil keluar sebagai juara setelah berhasil mengalahkan malaysia di partai final dengan skor 1-0.

Pada Tahun 1998 untuk perhelatan kedua kalinya terjadi insiden yang memalukan dalam sejarah sepakbola asia tenggara dimana indonesia vs thailand memainkan sepakbola gajah karena ingin menghindari vietnam yang pada waktu itu dijagokan sebagai unggulan. Atas insiden tersebut kedua negara baik indonesia dan thailand mendapat denda karena telah "merusak semangat sepakbola". Pada tahun yang sama singapura berhasil menjadi juara setelah mengalahkan vietnam dengan skor 1-0 meskipun saat itu vietnam diunggulkan sebagai juara.

Tahun 2000, 2002. dan tahun 2004 selama 3 kali perhelatan ajang AFF secara berturut turur indonesia berhasil masuk final, bisa dibilang pada periode ini indonesia memiliki banyak pemain yang dalam masa keemasan. Namun sayang meskipun 3 kali masuk final pada tahun 2000, 2002, dan 2004 indonesia selalu saja rontok di final. Kalah dengan thailand di final dua kali tahun 2000 dan 2002 serta kalah dari singapura tahun 2004.

Tahun 2007 perhelatan bergengsi se asia tenggara digelar di singapura dimana pada waktu itu singapura lagi lagi membuktikan kejayaan nya di asia tenggara dengan juara 2 periode berturut turut. Pada partai final singapura berhasil mengalahkan thailand dengan agregat 3-2.

Tahun 2008 Merupakan kali kedua thailand rontok di final kali ini thailand rontok atas lawan nya vietnam dengan agregat 2-3. Sekaligus membawa vietnam menjuarai ajang bergengsi se asia tenggara untuk pertama kali nya.

Tahun 2010 merupakan tahun yang ditargetkan bagi indonesia untuk mendapatkan gelar pertama kalinya, apalagi pada pertemuan di final indonesia bertemu dengan malaysia yang pada waktu itu tidak diunggulkan karena di fasa grup indonesia berhasil menang telak atas malaysia. Namun sayang seribu kali sayang saat pertemuan di final indonesia tidak berkutik dimana indonesia kalah 3-0 saat tandang ke stadion bukit jalil malaysia dan hanya menang 2-1 saat bermain di kandang sendiri. Al hasil indonesia kalah agregat 3-4. Atas hasil ini membawa malaysia menjuarai ajang bergensi aff untuk pertama kalinya sejak menunggu setelah sekian lama.

Tahun 2012 merupakan tahun terburuk bagi sejarah pesepakbolaan indonesia dimana pada tahun 2012 sepakbola indonesia mengalami dualisme kepemimpinan bahkan timnas pun terbentuk menjadi dua yaitu timnas IPL (Indonesia Premier League) dan timnas ISL (Indonesia Premier League). Namun pada saat itu PSSI membuat blunder dan mengutus timnas IPL yang berisikan pemain pemain ala kadarnya untuk berpartisipasi pada AFF 2012. Hasil nya sangat memalukan indonesia gagal di fase grup.Pada tahun 2012 ini singapura kembali membuktikan eksistensinya di kawasan asia tenggara dengan keluar sebagai juara untuk ke empat kalinya setelah menundukkan thailand di final dengan agregat 3-2.

Tahun 2014 Indonesia kembali menargetkan juara dan mempersiapkan tim sematang mungkin, indonesia yang dipimpin alfred riedl bermain cukup apik pada pertandingan pertama fase grup dimana pada waktu itu indonesia berhasil menahan imbang 2-2 tuan rumah vietnam yang di unggulkan di grup tersebut. Namun hasil mengejutkan terjadi pada pertandingan kedua dimana indonesia tidak disangka sangka kalah telak 4-0 dari philipina yang sepanjang sejarah tidak pernah menang atas indonesia. Atas hasil itu peluang indonesia untuk lolos dari fase grup tertutup meskipun indonesia menang di pertandingan partai terakhir namun indonesia hanya mengumpulkan 4 poin sedangkan vietnam lolos sebagai juara grup dengan mengumpulkan 7 poin dan philipina 6 poin.

Piala AFF 2014 telah resmi berakhir dimana thailand berhasil merebut trophy untuk ke empat kali nya di ajang bergengsi antar bangsa se asia tenggara ini, pada pertandingan final thailand berhasil mengalahkan malaysia dengan agregat skor 4-3 untuk kemenangan thailand.

Berikut daftar lengkap juara aff sejak 1996:

Piala AFF 1996 Juara: Thailand

Piala AFF 1998 Juara: Singapura

Piala AFF 2000 Juara: Thailand

Piala AFF 2002 Juara: Thailand

Piala AFF 2004 Juara : Singapura

Piala AFF 2007 Juara : Singapura

Piala AFF 2008 Juara : Vietnam

Piala AFF 2010 Juara : Malaysia

Piala AFF 2012 Juara : Singapura

Piala AFF 2014 Juara : Thailand

Piala AFF 2016 Juara: ????????

Nah itulah Daftar Juara Piala AFF Sepanjang Masa yang sejak digulirkan hanya 4 negara saja yang mampu menjuarai ajang bergensi asia tenggara tersebut. Kita berharap indonesia berhasil secepatnya menorehkan tinta emas nya di ajang bergengsi sepakbola asia tenggara tersebut. Kita nantikan saja.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Daftar Juara Piala AFF Sepanjang Masa

0 komentar:

Post a Comment

DILARANG BERKOMENTAR DENGAN LIVE LINK...! akan kami anggap SPAM.

Note: only a member of this blog may post a comment.